tag:blogger.com,1999:blog-43682177115917302522024-02-18T18:55:41.688-08:00MATHEMATICS & ICTKehidupan adalah aplikasi matematika - dan Allah yang mengatur postulat kehidupan.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.comBlogger41125tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-10165655947227985472017-03-13T21:35:00.001-07:002017-03-13T21:35:51.172-07:00SIMULASI UNBK 3 TAHUN 2017Sekarang ini hari ke-dua pelaksanaan Simulasi 3 UNBK tahun 2017 dengan mata ujian Bahasa Inggris, Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar baik komputer di sekolah maupun kaitannya dengan keperluan upload jawaban siswa ke server pusat sangat lancar. Mudah mudahan sampai pada hari H UNBK nanti tanggal 10 sd 13 April 2017 bisa berlangsung lancar baik proses sinkronisasi maupun pelaksanaan UNBK nya sendiri.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-77803612250198963562015-04-27T18:52:00.001-07:002015-04-27T18:52:07.516-07:00Agenda Kegiatan Akhir semester Genap TP. 2014/2015Menjelang akhir kegiatan Pembelajaran semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 perlu kami sampaikan rencana kegiatan sekolah sebagai berikut :<br />
<br />
1. Sabtu, 2 Mei 2015 : Pembentukan Panitia Ulangan Kenaikan Kelas<br />
2. Jumat, 15 Mei 2015 : Pengumuman Kelulusan<br />
3. Senin - Rabu, 1 - 10 Juni 2015 : Ulangan Kenaikan Kelas<br />
4. Senin - Rabu, 15 - 17 Juni 2015 : Pendaftaran TPA<br />
5. Jumat, 12 Juni 2015 : Pengumpulan nilai rapor semester genap<br />
6. Sabtu, 20 Juni 2015 : Penerimaan Rapor kelas X dan XI<br />
<br />TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-45939096816981124162014-11-14T10:13:00.001-08:002014-11-14T10:13:12.626-08:00Ulangan Akhir Semester Ganjil 2014/2015Disampaikan kepada semua siswa dan Bapak / Ibu Guru SMAN 1 Jombang bahwa pelaksanaan UAS semster Ganjil 2014/2015 akan dilaksanakan tanggal 3 s.d 11 Desember 2014. Untuk keperluan hal tersebut pada tanggal 7 Nopember telah diterbitkan SK Kepala Sekolah tentang Kepanitian UAS semester Ganjil 2014/2015 sebagai berikut :<br />
Penanggung Jawab : Dra. Sih Wihartini, M.Psi.<br />
Ketua : Drs. Ponijan<br />
Sekretaris I : Emi Rohmawati, S.Pd.<br />
Sekretaris II : Urip Sri Hartati, S.Pd.<br />
Anggota :<br />
Sie Penggandaan & Distribusi Naskah : 1. Supriadi, S.Pd. M.MPd.<br />
2. Agus Siswanto, S.Pd.<br />
<br />
Sie Pengawasan : 1. Maslachah, BA<br />
2. Ahmad Fatoni, S.Ag<br />
<br />
Sie Koreksi dan Penilaian : 1. Drs. M. Cholil, MM<br />
2. Supiyatun, S.Pd.<br />
<br />
Sie Perlengkapan : 1. Edy Suyapto<br />
2. Suparmi, S.Sos. MM<br />
<br />
Kemudian Diterbitkan pula Surat Tugas Pembuatan Naskah soal UAS kelas X, XI dan beberapa mata pelajaran kelas XII yang dibuat oleh sekolah. Naskah soal bentuk Pilihan Ganda ( kelas XII ), sedangkan untuk kelas X dan XI bisa bentuk Pilihan Ganda semua atau Pilihan Ganda ( Bobot 60%) dan Uraian ( Bobot 40%). Soal siap cetak dikumpulkan ke Panitia terakhirHari Kamis tanggal 20 Nopember 2014.<br />
Demikian Informasi ini untuk mendapatkan tindak lanjut. <br />
<br />TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-74063227301382981142014-05-20T23:20:00.001-07:002014-05-20T23:20:28.676-07:00Pengumuman Kelulusan Siswa SMAN 1 Jombang Tapel 2013/2014Saya mengucapkan selamat kepada siswa-siswi SMAN 1 Jombang Kelas XII Tapel 2013/2014 setelah sekitar satu bulan menunggu hasil UN yang telah ditempuh dari tanggal 14 - 16 April 2014 yang lalu, pada hari Selasa, 20 Mei secara resmi diumumkan siswa SMAN 1 Jombang lulus 100% baik dari program IPA maupun IPS. Diharap hasil kelulusan ini tidak perlu dirayakan dengan hura-hura yang berlebihan, namun perlu disyukuri dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif seperi melakukan sujud syukur di Masjid atau di rumah.<br />
Kemudian Bagi siswa yang menginginkan Surat Keterangan Kelulusan, bisa ke sekolah mulai hari Rabu, 21 Mei 2014 untuk diterbitkan SKHU yang memuat nilai UN, NS dan NR untuk dipergunakan mendaftar kesekolah lebih tinggi sambil menunggu terbitnya Ijazah yang hingga pengumuman ini diposting belum ada kabar kapan balnko ijazah didistribusi ke sekolah. Sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk anak-nak SMAN 1 Jombang dan Sukses Selalu menyertai kalian.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-74869983023731367292013-12-31T08:37:00.001-08:002013-12-31T08:37:10.800-08:00Perkemahan Malam Tahun Baru 2014Sesuai dengan Anjuran Kapolres Jombang guna mengurai dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada malam Tahun Baru 2014 di Jombang melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Sekolah-sekolah tingkat SLTA di Jombang untuk menyelenggarakan perkemaham Malam Tahun Baru di sekolah-sekolah untuk siswa yang dibina oleh Guru dengan maksud dan tujuan untuk menghindari terkosentrasinya keramaian di jalanan dengan menggunakan motor dengan kenalpot brong dan lainnya.Demikian juga dengan SMA Negeri 1 Jombang dengan konsep peserta perkemahan semua siswa kelas X yang dibiayai oleh sekolah menyelenggarakan kegiatan serupa disekolah yang dibuka oleh Asisten 1 yaitu bapak Warto pada pukul 15.30 WIB , Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan sukses. Selamat tahun Baru 2014 semoga ditahun ini kita semua meraih kesuksesan sesuai dengan impiannya masing-masing.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-53184097768747601342013-09-11T17:14:00.001-07:002013-09-11T17:15:00.622-07:00Monitoring Implementasi Kurikulum 2013<div style="text-align: justify;">
Untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan Kurikulum 2013, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia melalui LPMP melaksanakan Monitoring Implementasi Kurikulum 2013. Sasaran monitoring adalah sekolah-sekolah dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA maupun SMK yang telah ditunjuk untuk melaksanakan Kurikulum2013. SMAN 1 Jombang sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan Kurikulum 2013 tahun ini maka untuk mensukseskan kegiatan ini telah mengundang beberapa warga sekolah dari unsur Kepala Sekolah, Guru matematika, sejarah, dan Bahasa Indonesia, Komite, Orangtua siswa kelas X, siswa kelas X dan Pengawas Pendidikan untuk mengisi Kuesener yang disediakan oleh pemerintah. Diharapkan isian kuesener ini menjadi bahan masukan dari berbagai pihak terkait dengan pengembangan kurikulum 2013. Kuesener diharapkan diisi se obyektif mungkin guna pengembangan kurikulum agar pelaksanaannya bisa lebih baik.</div>
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-24745667911522349382013-07-15T23:24:00.003-07:002013-07-15T23:24:50.768-07:00Kurikulum 2013Setelah dicanangkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang diberlakukannya kurikulum 2013 secara bertahap dan diberlakukannya pada beberapa sekolah yang ditunjuk, maka SMAN 1 Jombang sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan kurikulum 2013 untuk kelas X tahun pelajaran 2013/2014 di jombang mau tidak mau semua warga sekolah harus siap melaksanakan demi anak bangsa yang diharapkan menjadi generasi emas. TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-15284879921887601082013-06-16T08:28:00.001-07:002013-06-16T08:28:29.336-07:00Penulisan Ijazah SMAN 1 JombangSetelah sempat tertunda penulisan Ijazah karena blanko ijazah untuk program IPA dan pedoman penulisan belum ada, Alhamdulillah hari Jumat, 14 Juni 2013 blanko ijazah untuk program IPA diterimakan dari Dinas Pendidikan ke sekolah sehingga saat itu juga Tim penulis ijazah berkumpul untuk menulis ijazah sesuai dengan tugas yang telah diberikan oleh sekolah. Rencananya hari Senin, 17 Juni 2013 siswa bisa melakukan cap tiga jari tengah tangan kiri pukul 09.00 WIB.<br />
Bagi siswa yang belum bisa datang untuk cap tiga jari pada hari dan tanggal yang ditetapkan tidak apa-apa karena memang tanggal 18 Juni 2013 adalah pelaksanaan tes SBMPTN, mungkin banyak siswa yang mempersiapkan diri mengikuti tes tersebut. Untuk itu akan dilayani pada hari dan tanggal lain setelah selesai mengikuti tes SBMPTN pada jam kerja. Demikian informasi ini disampaikan untuk disampaikan ke teman-teman yang lain.terakhir pesan penulis untuk siswa yang sedang berjuang untuk mengikuti SBMPTN selamat berjuang dan semoga sukses masuk di sekolah yang diinginkan.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-85063564781744305582013-06-12T05:54:00.003-07:002013-06-13T17:07:35.379-07:00Penundaan Jadwal penulisan Ijazah SMAN 1 Jombang Hari Rabu, 12 Juni 2013 Kepala sekolah memenuhi undangan pengambilan blanko ijazah ke Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, sesuai dengan undangan. Sesampai di Kantor Dinas Pendidikan ternyata blako ijazah untuk program IPA masih belum ada dan di informasikan baru besok hari Kamis, 13 Juni 2013 dikirim dari Surabaya ke Jombang. Demikian juga Petunjuk penulisannya belum ada, sehingga pekerjaan penulisan ijazah juga tertunda.<br />
Hingga hari Jumat, 14 Juni 2013 Blanko ijazah untuk Program IPA demikian juga petunjuk penulisan ijazah belum ada, sehingga penulis ijazah belum bisa memulai penulisan ijazah hingga saat ini.<br />
Untuk itu disampaikan pada siswa kelas 12 untuk bersabar menunggu
datangnya blanko ijazah dan akan diumumkan kapan akan diselesaikan
proses penulisan ijazah di blog ini. TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-50181154112438200052013-06-10T20:52:00.001-07:002013-06-12T05:42:49.420-07:00Blanko Ijazah SMA ............akhirnya datang juga.Setelah lebih dari dua minggu dari pengumuman kelulusan SMA akhirnya blanko Ijazah yang ditunggu-tunggu akhirnya pada hari Rabu, 12 Juni 2013 rencananya baru diterimakan ke sekolah dari Dinas Pendidikan.<br />
Dengan demikian sekolah harus melanjutkan menyelesaikan rangkaian kegiatan untuk siswa kelas XII yaitu penuntasan penulisan ijazah yang harus segera dibagikan ke siswa.Kepada siswa lulusan SMA Negeri 1 Jombang dharap sering-sering buka blog ini untuk melihat pengumuman kapan siswa harus melakukan cap 3 jari pada ijazahnya, sekarang ketika ditulisnya pengumuman ini kami belum bisa menyampaiakan skedul penulisan ijazah SMAN 1 Jombang karena Banko ijazah baru diterima sekolah pada hari Rabu, 12 juni 2013. jadwal akan dipublikasikan besuk setelah blanko diterima sekolah. untuk itu harap bersabar dulu.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-59375102709825195022013-05-29T20:50:00.000-07:002013-05-29T20:50:11.056-07:00Nasib Kurikulum 2013<!--[if gte mso 9]><xml>
<w:WordDocument>
<w:View>Normal</w:View>
<w:Zoom>0</w:Zoom>
<w:TrackMoves/>
<w:TrackFormatting/>
<w:PunctuationKerning/>
<w:ValidateAgainstSchemas/>
<w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid>
<w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent>
<w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText>
<w:DoNotPromoteQF/>
<w:LidThemeOther>EN-US</w:LidThemeOther>
<w:LidThemeAsian>X-NONE</w:LidThemeAsian>
<w:LidThemeComplexScript>X-NONE</w:LidThemeComplexScript>
<w:Compatibility>
<w:BreakWrappedTables/>
<w:SnapToGridInCell/>
<w:WrapTextWithPunct/>
<w:UseAsianBreakRules/>
<w:DontGrowAutofit/>
<w:SplitPgBreakAndParaMark/>
<w:DontVertAlignCellWithSp/>
<w:DontBreakConstrainedForcedTables/>
<w:DontVertAlignInTxbx/>
<w:Word11KerningPairs/>
<w:CachedColBalance/>
</w:Compatibility>
<w:BrowserLevel>MicrosoftInternetExplorer4</w:BrowserLevel>
<m:mathPr>
<m:mathFont m:val="Cambria Math"/>
<m:brkBin m:val="before"/>
<m:brkBinSub m:val="--"/>
<m:smallFrac m:val="off"/>
<m:dispDef/>
<m:lMargin m:val="0"/>
<m:rMargin m:val="0"/>
<m:defJc m:val="centerGroup"/>
<m:wrapIndent m:val="1440"/>
<m:intLim m:val="subSup"/>
<m:naryLim m:val="undOvr"/>
</m:mathPr></w:WordDocument>
</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml>
<w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="true"
DefSemiHidden="true" DefQFormat="false" DefPriority="99"
LatentStyleCount="267">
<w:LsdException Locked="false" Priority="0" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Normal"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="heading 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 7"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 8"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 9"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 7"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 8"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 9"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="35" QFormat="true" Name="caption"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="10" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Title"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="1" Name="Default Paragraph Font"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="11" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtitle"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="22" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Strong"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="20" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="59" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Table Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Placeholder Text"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="1" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="No Spacing"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Revision"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="34" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="List Paragraph"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="29" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Quote"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="30" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Quote"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="19" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="21" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="31" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Reference"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="32" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Reference"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="33" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Book Title"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="37" Name="Bibliography"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" QFormat="true" Name="TOC Heading"/>
</w:LatentStyles>
</xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]>
<style>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:"Table Normal";
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:"";
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:"Calibri","sans-serif";
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:"Times New Roman";
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
</style>
<![endif]-->
<br />
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; mso-margin-bottom-alt: auto; mso-margin-top-alt: auto; mso-outline-level: 1;">
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 24.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; mso-font-kerning: 18.0pt;">Kurikulum 2013 Disepakati, Kemendikbud Siap Gerak
Cepat </span></b></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;">
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">M Iqbal</span></b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"> - detikNews</span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;">
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Jakarta</span></b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"> - DPR akhirnya menyetujui pelaksanaan dan anggaran
kurikulum 2013 yang akan diterapkan mulai tanggal 15 Juli 2013. Mendikbud M
Nuh, menyatakan siap gerak cepat agar kurikulum baru itu dapat terealisasi
dengan maksimal.<br />
<br />
"Insya Allah malam ini ya langsung kita percepat mulai dari urusan
penyiapan pelatihan guru sampai ke dokumen-dokumen pendukung yang lain,"
kata M Nuh usai rapat dengan komisi X DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta,
Senin (28/5/2013) malam.<br />
<br />
Terkait adanya 3 fraksi yang menolak pelaksanaan kurikulum 2013 dan beberapa
fraksi yang memberi catatan, M Nuh menilai itu hal yang wajar.<br />
<br />
"Jadi kalau melihat tadi beberapa catatan maka kami berterimakasih dari
para masing-masing fraksi, tetapi kami punya jawaban atas catatan-catatan
itu," kataya.<br />
<br />
"Wajar yang tidak setuju itu biasa saja, tetapi secara politik kan sudah
menyetujui kurikulum 2013 ini," imbuh Nuh.<br />
<br />
Ia mencontohkan misal terkait grand design kurikulum yang dinilai
perencanaannya belum matang. Menurutnya, semua telah dipersiapkan oleh
Kemendikbud.<br />
<br />
"Kemudian guru itu dilatih mulai minggu ketiga bulan Juni sampai awal
Juli, per angkatan sekitar 7 hari. Itu sudah lumayan," ucapnya.<br />
<br />
"Insya Allah yakin. Sudah dari awal designnya minggu ketiga pada saat
liburan sekolah (pelatihan guru). Kalau belum dilatih ya memang belum,"
lanjut Nuh.<br />
<br />
Saat ditanya mengapa kurikulum 2013 hanya untuk sekolah eks RSBI dan
berakreditasi A, Nuh menyatakan mereka sekola yang lebih siap melaksanakan
kurikulum 2013.<br />
<br />
"Mereka diprioritaskan, mereka yang paling siap dan memang lebih
siap," jawab Nuh.<br />
<br />
Sebelumnya, DPR melalui komisi X telah menyepakati rancangan kurikulum 2013
yang akan diimplementasikan pada 15 Juli 2013 dengan anggaran sebesar Rp.
829.427.325.000.<br />
<br />
Kurikulum itu akan diimplementasikan di 6.325 sekolah yang ada di Indonesia.
Pemerintah memprioritaskan implementasi itu bagi sekolah eks RSBI dan sekolah
berakreditasi A</span></div>
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-87822760715259046492013-05-20T18:21:00.003-07:002013-05-20T18:21:34.751-07:00Menunggu Hasil UN 2013 SMASetelah satu bulan lebih pelaksanaan UN SMA 2013 tepatnya 15 - 18 April 2013 hingga ditulisnya entry ini Selasa, 21 Mei 2013 tinggal menghitung hari menuju hari Jumat, 24 Mei 2013 dimana Hasil UN 2013 akan segera diumumkan. Pada kesempatan ini menindaklanjuti himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pihak Polri agar teknis pengumuman Kelulusan hendaknya diatur sedemikaian hingga agar tidak menimbulkan potensi hura-hura dan tidak mengganggu ketertiban masyarakat maka khususnya siswa SMA Negeri 1 Jombang pada saat hari pengumuman Kelulusan untuk tidak terpancing dengan ajakan melakukan konvoi sepeda motor dan coret-coret baju yang tentunya sangat mengganggu ketertipan umum dan merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut diatas SMAN 1 Jombang Pengumuman Kelulusan akan diumumkan melalui Web SMAN 1 Jombang pada hari Jumat, 24 Mei 2013, sehingga siswa tidak perlu repot - repot keluar rumah untukmelihat pengumuman Kelulusan. Semoga siswa SMA Negeri 1 Jombang sukses UN 2013 dengan nilai yang baik dan <span style="color: blue;">Lulus 100%. </span>TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-68407549216367412082012-10-24T22:06:00.002-07:002013-05-20T17:57:59.586-07:00Wacana Pengawasan UN 2013Pengawasan di ruang ujian nasional (UN) biasanya dilakukan oleh tim
pengawas yang terdiri dari guru-guru yang mata pelajarannya sedang tidak
diujikan Teknisnya diatur dengan sistem silang dalam satu
kabupaten/kota, dan guru yang mata pelajarannya sedang diujikan tidak
diperbolehkan berada di lokasi sekolah/madrasah penyelenggara UN.
Bagi peserta UN yang melanggar tata tertib diberi peringatan oleh
pengawas ruang UN. Disinilah letak pentingnya pengawasan dalam ujian
nasional (UN).
<br />
Dalam rangka <a href="http://www.unsd.org/2012/10/wacana-sistem-pengawasan-un-2013.html">pengawasan ujian nasional tahun 2013</a>,
Pemerintah mengeluarkan rencana untuk menghapus keberadaan dan fungsi
pengawas di dalam ruang pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun depan.
Kontra muncul mempertanyakan cara berpikir pemerintah yang melandasi
wacana kebijakan ini.
<br />
Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Soedijarto,
menilai pengawasan dalam sebuah ujian atau tes, apalagi sekaliber UN,
masih diperlukan. Menurutnya, catatan pelaksanaan UN di tahun-tahun
sebelumnya yang memprihatinkan belum cukup menjadi jaminan untuk
menerapkan kebijakan UN tanpa pengawas. Katanya tidak mungkin ujian
tanpa pengawas. Tetapi kalau kebijakannya seperti itu, mungkin bisa
diawasi dari jarak jauh dengan difasilitasi teknologi tertentu.
<br />
Menurutnya, tanpa pengawas tidak sama dengan tanpa pengawasan. Jika
memang pemerintah bersikeras, maka harus menyediakan fasilitas teknologi
yang memadai.
Begitu juga Said Hamid Hasan, pengamat Pendidikan dari Universitas
Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, juga sependapat dengannya.
Menurutnya, pengawas tetap diperlukan dalam sebuah ujian atau tes. Oleh
karena itu, rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
jika menghapus fungsi pengawas dalam UN dinilai tak realistis.
Menurutnya, pengawasan itu tetap diperlukan.
<br />
Kemendikbud menyampaikan gagasan penyelenggaraan UN tanpa pengawas untuk
pelaksanaan tahun depan setelah memastikan kebijakan 20 paket soal UN
pada tahun depan. Mendikbud, M Nuh mengatakan, gagasan ini dilontarkan
untuk membuktikan bahwa UN bisa berlangsung dengan baik dengan semangat
kejujuran.
<br />
Diolah dari berbagi sumber
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-34604577414303093202012-10-24T22:04:00.001-07:002012-10-24T22:04:28.652-07:00Perubahan pada UN 2013Pemerintah berkomitmen tetap akan melaksanakan UN (Ujian Nasional) pada
tahun 2013 karena UN merupakan sarana untuk mengevaluasi standar
pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Disamping itu UN tidak
bertentangan dengan peraturan perundangan. Sejumlah perubahan
dipersiapkan oleh Kemendikbud, termasuk diantaranya dengan menambah
variasi soal menjadi 20 paket soal dalam 1 (satu) ruang ujian.
Ketika memberikan keterangan pers soal UN 2013 di Jakarta, Kamis 11
Nopember 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Mohammad Nuh
menjelaskan, variasi soal yang tahun ini hanya ada lima macam akan
ditambah menjadi 20 macam pada UN tahun depan. Setiap peserta didik
dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang
diuji kemampuan perseorangan, bukan (kemampuan) kolektif," katanya.
<br />
Beliau juga mengatakan tentang kemungkinan adanya kenaikan nilai standar
kelulusan dari 5,5 menjadi 6 atau tetap mempertahankan nilai standar
5,5 dengan meningkatkan derajat kesulitan soal.
Tahun ini proporsi kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen
sedang, dan 10 persen sukar. Formulasinya tahun depan kemungkinan
menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.
Ketua BSNP Muhammad Aman Wirakartakusumah mengatakan, pihaknya sedang
menyiapkan kisi-kisi soal UN yang harapannya selesai bulan November
mendatang.
<br />
Khusus tentang rencana perubahan materi soal jenjang SMA dan sederajat
untuk diintegrasikan dengan soal seleksi masuk calon mahasiswa di
perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi tantangan bagi sekolah. Sekolah
menyambut baik dan menilai cara ini akan lebih efisien.
<br />
Salah satunya diungkapkan Ridnan, guru kurikulum SMAN 78, Jakarta bahwa
integrasi nilai UN yang juga dijadikan dasar penilaian masuk perguruan
tinggi ini, menurut kami bagus. Bahkan jadi lebih efisien dan murah
kalau sudah direkomendasikan dinas pendidikan.Pihaknya menjadikan itu
sebagai motivasi dan tantangan. Mereka tetap menjalani proses belajar
mengajar sesuai kurikulum, dan menambah porsi belajar bagi siswa yang
mau masuk universitas negeri PTN). Kemudian menurutnya, sekolah hanya
perlu memberikan pendalaman materi kepada siswa kelas XII SMA/ MA/ SMK.
Selain itu, perguruan tinggi juga diminta ikut terlibat dengan baik
dalam rencana ini.
<br />
Pemerintah bermaksud merubah soal UN SMA/MA/SMK/sederajat dan
memanfaatkan hasilnya sebagai syarat seleksi PTN. Selama ini, hasil UN
pada jenjang SD/MI telah dipakai dalam seleksi masuk SMP/MTs, demikian
pula hasil UN SMP/MTs untuk masuk SMA/MA/SMK. Namun, hasil UN SMA dan
sederajat masih belum sepenuhnya diakui PTN karena dinilai belum valid
akibat tingginya dugaan kecurangan.
<br />
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh pernah mengungkapkan tidak akan
ada lagi gangguan untuk menolak penyelenggaraan UN, kecuali terus
memperbaikinya, terutama soal kecurangan yang masih terjadi. Beliau juga
menegaskan bahwa UN sudah sah keabsahannya, jangan diganggu, tinggal
kita laksanakan UN dengan sebaik-baiknya. Kita sudah membuat porsi 60/40
untuk mengukur prestasi siswa di sekolah. Tadinya UN belum bisa jadi
password (tiket.red) masuk ke perguruan tinggi, tapi nanti ada akses
agar bisa masuk ke sana," ujarnya pada dalam rapat bersama Komisi X DPR
RI beberapa waktu lalu.
<br />
Menurutnya, UN tak hanya dapat mengukur prestasi akademik siswa, tetapi
juga dapat dijadikan sebagai alat kontrol aspek karakter siswa.
<br />
Sumber : Menkokesra dan Kompas
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-22959595811332036352012-10-24T22:01:00.000-07:002012-10-24T22:01:34.190-07:00Tingkat kesulitan UN SMA 2013Walaupun standar kelulusan ujian nasional (UN) tidak dirubah, yakni tetap di angka 5,5 namun <a href="http://www.unsd.org/2012/10/tingkat-kesulitan-soal-un-2013.html">Tingkat Kesulitan Soal UN 2013</a>
dipersiapkan akan mengalami kenaikan oleh Pemerintah. Pemerintah sedang
menggodok skema peningkatan kualitas ujian nasional (UN) SMP dan SMA
tahun 2013. Meski belum ada ketetapan, kecenderungannya ada pada
penambahan jumlah butir soal ujian yang masuk kategori sulit. Ini
sebagai konsekuensi jika nantinya nilai minimal kelulusan unas tidak
ditingkatkan.
<br />
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar Notodiputro
menjelaskan, memang ada dua opsi peningkatan kualitas unas tahun depan.
Kedua opsi ini akan diputuskan setelah kami menyelenggarakan lokakarya
tentang ujian nasional dulu.
<br />
Khairil menjelaskan, hasil lokakarya tersebut bakal menjadi salah satu
rujukan untuk menentukan kebijakan strategis terkait penyelenggaraan
unas 2013. Termasuk memastikan skema memperbanyak soal ujian yang masuk
kategori sulit.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof. Mohammad Nuh
mengatakan, bahwa sebaran bobot soal akan disesuaikan dengan tidak
adanya kenaikan batas minimum kelulusan. Tapi yang mungkin adalah
menyebar tingkat kesulitan soalnya.
<br />
Beliau menjelaskan pada tahun 2012 sebaran tingkat kesulitannya untuk
soal yang mudah hanya 10 persen, soal dengan bobot sedang 80 persen dan
soal yang sukar sebanyak 10 persen. Sementara untuk tahun 2013, soal
sukar akan ditambah menjadi 20 persen. Soal yang sedang berkurang jadi
70 persen. Yang mudah tetap 10 persen tapi ini masih dianalisis. Beliau
juga pernah menyampikan bahwa peningkatan kualitas ujian nasional (UN)
itu harus dilakukan karena UN SMA/MA/SMK) merupakan salah satu acuan
penerimaan calon mahasiswa baru melalui Snmptn(seleksi nasional masuk
perguruan tinggi negeri) jalur undangan.
<br />
Diolah dari berbagai sumber
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-69073195529113731512012-10-24T21:54:00.001-07:002012-10-24T21:54:48.641-07:00Perubahan jadwal sosialisasi kisi-kisi UN SMA 2013Semula Pemerintah berencana mempublikasikan Kisi-kisi UN 2013 pada bulan
Oktober. Namun karena alasan penyempurnaan, jadwal sosialisasi Kisi-kisi
UN 2013 tersebut dimundurkan ke bulan November 2012. Draft Kisi-kisi
soal Ujian Nasional (UN) 2013 masih dibuat oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP). Sehingga rencana sosialisasi kisi-kisi UN 2013 yang ditargetkan
dilakukan bulan ini diundur hingga bulan November.
Ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah, mengatakan, kisi-kisi ini ditargetkan
selesai pada pekan kedua atau pekan ketiga bulan November untuk
selanjutnya segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga para
guru dapat fokus mempersiapkan anak didiknya.
<br />
Kisi-kisi UN 2013 tersebut bisa download nantinya blog
ini. Rencana pemerintah untuk membuat 20 variasi / paket soal ujian
nasional (UN) untuk setiap mata pelajaran di setiap ruang ujian,
memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut diantaranya Pemerintah
yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus
menyempurnakannya. Dengan berbekal kisi-kisi tersebut, calon peserta UN
bisa lebih dini mempersiapkan diri, juga para guru pembimbing akan
memberikan arahan secepatnya dengan mengacu pada kisi-kisi yang dibuat
Kemdikbud dan BSNP tersebut.
<br />
Pada tanggal 14 September Kabalitbang Kemendikbud Khairil Anwar
Notodiputro di Jakarta menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan
pembuatan draf kisi-kisi soal UN, terutama untuk SMA sederajat. Beliau
menjelaskan bahwa draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke
Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat
pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke
masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang
menghadapi UN tahun 2013.
<br />
Biasanya kisi-kisi soal UN baru diumumkan menjelang akhir tahun. Tahun
2011 kisi-kisi baru dikeluarkan akhir November. Sedangkan untuk
kisi-kisi soal UN 2013, Pemerintah yang semula menargetkan sudah bisa
diumumkan kepada masyarakat pada bulan Oktober, dirubah menjadi minggu
ketiga bulan November.
<br />
Adapun kisi-kisi soal UN ini disebar ke masyakarat dalam bentuk uraian.
Contohnya untuk mata pelajaran matematika, ada kisi-kisi yang bunyinya
mencari akar persamaan kuadrat. Kisi-kisi tidak disebarkan ke masyarakat
dalam bentuk butir-butir soal ujian layaknya seperti di lembar soal
unas. Dengan memanfaatkan kisi-kisi soal UN 2013, para guru maupun siswa
bisa fokus dalam belajar. Pada guru diharapkan bisa membuat soal-soal
latihan menjelang UN melalui kisi-kisi tersebut.
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-78148743696220638622012-09-13T18:45:00.000-07:002012-09-16T18:20:36.359-07:00Ujian Nasional 2013Menurut Informasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan kabar yang santer beredar bahwa jumlah tipe soal Ujian Nasional
untuk tahun pelajaran 2012/2013 ini diperkirakan akan muncul 20 paket soal versi
soal berbeda sama sekali diantara masing-masing paket. Peningkatan jumlah tipe soal UN 2013 ini sangat drastis, mengingat
tahun kemarin hanya tersedia 5 tipe soal berbeda untuk satu ruangan, itupun paket satu dengan yang lain soalnya sama hanya berbeda nomor soal di paket yang berbeda.<br />
Namun,
kini dengan 20 tipe soal maka praktis tiap peserta UN akan mendapatkan
soal yang berbeda-beda. Artinya setiap murid akan memegang soal yang
berbeda versi soal dan tipe soal dengan siswa lain dalam satu ruangan
ujian nasional. Sehingga untuk menyongsong UN 2013 ini, kemampuan siswa
atau murid harus ditingkatkan demi mengejar target lulus ujian nasional
2013 nanti.Kemudian untuk kisi-kisi ujian Nasional akan disosialisasikan pada bulan Oktober 2012. Ini menjadi harapan kita untuk membuat prediksi soal-soal ujian Nasional 2013 dengan meyimak kisi-kisi ujian Nasional.<br />
<br />
Ada juga informasi yang sangat santer dan dapat dipercaya kebenarannya bahwa hasil UN 2013 akan
menjadi rujukan untuk SNMPTN Undangan. Otomatis tingkat kesulitan soal
UN 2013 akan ditingkatkan guna menunjang seleksi penerimaan mahasiswa
baru tersebut. <br />
<br />
Yah, semuanya kembali kepada anak-anak bangsa ini ........ mau atau
tidak berjuang lebih keras dan bersungguh-sungguh guna meng-upgrade skill dan kemampuan pada setiap pelajaran yang
di-UNAS-kan nanti dan jangan lupa berdoa.Penulis yakin kita pasti bisa melewati ujian tahun 2013 dengan sukses.<br />
Semangat! Kita pasti bisa.
TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-45919149624058436602012-07-11T08:57:00.000-07:002012-07-11T08:57:37.991-07:00Ayo Sekolah Lagi di Tahun Pelajaran 2012/2013Setelah sekian lama libur pada akhir semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sekolah telah menunggu kehadiran siswa, guru dan warga sekolah lain untuk memulai kembali aktifitas belajar di sekolah masing-masing. Setelah berlibur sekitar 2 minggu kita semua berharap otak menjadi fresh dan siap kembali untuk belajar. Hari senin, 9 Juli 2012 sekolah di Jawa Timur mulai SD, SMP dan SMA memulai tahun pelajaran baru dan bagi siswa yang duduk di kelas pertama di suatu jenjang pendidikan merupakan Masa Orientasi Siswa.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-50631058441939647772012-05-28T21:29:00.001-07:002012-05-28T21:29:02.853-07:00Ulangan Kenaikan Kelas TP. 2011/2012Ulangan Kenaikan Kelas Tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 1 Jombang digelar pada tanggal 4 - 9 Juni 2012. Buat semua siswa kelas X maupun XI diharap mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Ulangan ini agar tidak ada yang mendapat hambatan dan sukses.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-54030349140009858552012-05-28T21:13:00.000-07:002012-05-28T21:13:49.358-07:00SELAMAT KELULUSAN SMANSA 100%Saya ucapkan selamat kepada siswa SMAN 1 Jombang yang telah dinyatakan lulus Ujian pada tanggal 26 Mei 2012. Satu bulan lamanya pengumuman ini di tunggu-tungu oleh Siswa kelas XII yang menempuh Ujian Nasional dari tanggal 16 - 19 April 2012. Bagi yang sudah diterima masuk perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan tinggal mendaftar ulang, namun bagi yang belum diterima ada kesempatan mengikuti SNMPTN jalur Tulis yang bisa diikuti atau mendaftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang masih buka. Pada kesempatan ini saya doakan semoga semua siswa segera mendapatkan sekolah yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-91022443476172193272012-02-06T18:04:00.000-08:002012-02-10T19:12:42.808-08:00PREDIKSI UAN MATEMATIKA IPA SMA 2012Berikut ini saya upload Prediksi soal UAN Matematika SMA IPA berdasarkan Kompetensi dan Indikator Kisi-Kisi UAN SMA Tahun 2012. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan baik siswa maupun rekan-rekan sejawat demi kesuksesan anak didik bangsa ini. Silakan di download berikut ini.<br />
Prediksi Soal UAN Matematika IPA Tahun 2012 <a href="http://www.ziddu.com/download/18524069/PrediksiSoalUNMatematikasesuaiSKL-UN2012.doc.html">klik disini</a>TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-37288007112944977232012-01-09T08:42:00.000-08:002012-01-09T08:53:08.579-08:00Ujian Nasional 2012Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional SMA tahun 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-19 April 2012, berikut ini saya postingkan Kisi-kisi UN 2012, POS UN 2012 dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan UN 2012 sebagai berikut :<br />
1. Kisi-kisi UN 2012 <a href="http://www.ziddu.com/download/18157636/Kisi-Kisi-UN2012SMP-SMA.pdf.html">download </a><br />
2. Pos UN 2012<a href="http://www.ziddu.com/download/18157695/POS-UN-SMP-SMA-SMK-2012_1.pdf.html">download</a><br />
3. Permen \no 59 tentang UN 2012 <a href="http://www.ziddu.com/download/18157720/Permen-No-59-tahun-2011-ttg-UN_1.pdf.html">download</a><br />
4. sosialisasi UN 2012 <a href="http://www.ziddu.com/download/18157753/Presentasi-SosialiasiUN-2012_0.pdf.html">download</a><br />
5. Tanya jawab sekitar UN 2012 <a href="http://www.ziddu.com/download/18157781/Tanya-jawab-UN-20121_1.pdf.html">download</a><br />
Semoga ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukan khususnya anak-anakku siswa SMAN 1 Jombang yang akan menempuh Ujian Nasional 2012, semoga sukses selalu.TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-55546110668207467582011-12-15T00:23:00.000-08:002011-12-15T00:35:59.740-08:00GENJOT MOTIVASIAkhir semester Ganji sudah dipenghujung akhir, sudah waktunya anak-anakku yang duduk di kelas XII untuk berancang-ancang memasuki gerbang semester Genap yang tentunya diawali dengan libur akhir semester ganjil yang cukup puanjang kalau dihitung lamanya mencapai 2 minggu alias 12 hari. Untuk itu harus mempersiapkan diri di semester Genap ini dengan baik karena kalian akan menghadapi berbagai ujian guna meraih kesuksesan, untuk itu baca tulisan berikut ini sebagai sesuatu untuk mengenjat motivasimu. <br />
<br />
Belajar males.. mau ujian nasional tapi masih nggak ada ‘geregetnya’ ?<br />
semoga trik ini membantu ..<br />
disebutkan bahwa manusia melakukan sesuatu 80% dikarenakan ia menghindari susah dan ketidak-nyamanan, 20% lagi dikarenakan menginginkan kenyamanan dan kebahagiaan..<br />
(misalnya)kenapa memilih nonton bioskop dibandingkan belajar ?<br />
belajar kan nggak enak, perlu mikir dan kadang bikin migren (didramatisir sekali ya! ^^) sedangkan nonton bioskop kan nyaman, rame, dan menyenangkan ..<br />
kenapa mau sekolah ?<br />
80% karena kalo nggak sekolah dimarahin orang tua, nggak bakalan dapet uang jajan, kalo bolos ketinggalan ulangan-nanti ribet minta ulangan susulannya, kalo nggak masuk dipanggil guru-masuk black list, di rumah kelamaan bosen, …<br />
20% lagi karena disekolah banyak teman, memang mau belajar karena belajar menyenangkan, rindu dengan para guru, kesempatan nemu kecengan, …<br />
kira-kira begitu,… dorongannya : menghindari ketidak-nyamanan dan mencari kenyamanan.<br />
ok, sekarang gimana kita pakai sifat ini untuk mendorong dan memacu semangat kita ?<br />
misalnya mau UAN, mau SNMPTN…….<br />
kita buat 20-30 alasan yang didramatisir seperti sinetron indonesia (yang nggak mendidik) betapa tidak-nyamannya kita kalo nggak lulus UAN..<br />
misalnya :<br />
[1] bayangkan pada suatu saat yang berbahagia tidak lama lagi hari kelulusan tiba. Teman-teman kita saling mengucapkan selamat dengan wajah ceria<br />
‘ selamat ya !’,<br />
‘ kita ketemu pas kuliah nanti !’,<br />
‘ pmdk diterima, kita sejurusan lo !’<br />
dan ungkapan keceriaan lainnya… menyenangkan sekali, sekolah pun ramai, sangat-sangat membahagiakan hari-hari terakhir di sekolah, memandang kelas untuk terakhir kalinya,..<br />
tapi… kita adalah orang satu-satunya yang tidak lulus UAN, disaat yang lain lulus kita tidak. Kira-kira .. bagaimana perasaanmu saat itu ? rasakan betapa sangat tidak menyenangkannya..<br />
[2] pada suatu saat yang berbahagia, di hari kelulusan kita menantikan surat pemberitahuan kelulusan (dulu saya lewat pos). Dengan penuh harap kita menanti pak pos datang, mirip lagu vina panduwinata “hari ini ku gembira, melangkah di udara, pak pos membawa berita dari yang ku damba… “(hush kok jadi nyanyi ?!). Eh dari kejauhan pak pos terlihat, dengan antusias kita terima suratnya dan kita buka… ” TIDAK LULUS” what will you feel ? Bagaimana cara kita memberitahukan berita ini pada orang tua ?. Bayangkan jika yang menerima ibu kita,… dipangillah semua anggota keluarga, ini lo surat kelulusan anakku… setelah ayah, kakak, adik, semua berkumpul dibukalah surat tadi dan…” TIDAK LULUS” ! Bagaimana perasaan kita melihat raut wajah mereka berubah dari antusias menjadi raut wajah yang nggak jelas antara sedih dan empati.<br />
[3] Pacar atau kecengan ? O.o.. ini akan menarik sekali.<br />
Rencana telah disusun, nanti kita kuliah bareng, biar nanti aa jemput teteh… Dia lulus dan kita tidak lulus. Kira-kira.. (dengan didramatisir) apa yang kan terjadi ? apakah sang pujaan hati akan menunggu ? mungkin iya.. sebelum dia bertemu para mahasiswa/mahasiswi di kampus tentunya ! Kesan, imej kita di mata dia kira-kira gimana ? nggak lulus sma gitu loch ! Kecengan.. rencana sudah disiapkan, bakal ‘nembak’ pas malem perpisahan (cieh..)sembari bawa bunga plus kado pake pita pink. Persiapannya 3 taun bo ! Dia lulus.. kita nggak lulus ! hmm.. kira-kira gimana ceritanya nih ?<br />
nyaman nggak ?<br />
[4] calon mertua…. Udah kompak banget ama calon mertua, sering maen kerumahnya, ngobrol ama calon ‘mama’, maen catur ama calon ‘papa’.. kompak abis deh ! Ternyata kita nggak lulus ! Kira-kira berapa besar keberanian yang harus dikumpulkan pas kita mau laporan ke mereka ? nyaman nggak ?<br />
[5] Belajar 1 bulan lagi untuk kejar paket C ! disaat yang lain siap-siap kuliah ><<br />
menyenangkan-kah ?<br />
dan banyak lagi alasan (di-dramatisir) yang sangat emosional…<br />
catat dan tempel ditembok kamar kita !<br />
Kita nggak mau ngalamin pengalaman-pengalaman tidak enak ini.<br />
disampingnya tempel pula hal-hal yang menyenangkan yang bisa tejadi jika kita lulus ujian… mulai dari :<br />
[1] betapa menyenangkannya saat kelulusan diumumkan, melihat rencana-rencana masa depan kita selangkah lebih dekat..<br />
[2] raut wajah orang tua saat tau anaknya berhasil…. priceless !<br />
[3] keceriaan bisa kuliah bersama sang pujaan hati,… Tambahan percaya diri saat mau ‘nembak’, potensi ketemu mahasiswi/mahasiswa yang cakep dan cantik..<br />
[4] calon mertua… lewat ! lha wong lulus sma, keterima di UI, ITB, UGM, UPI, STAN, Akmil,……<br />
[5] cita-cita kuliah keluar negeri,… potensi cari beasiswa terbuka lebih luas, dll.<br />
menyenangkan sekali…<br />
bayangkan dan rasakan.. semoga membantu mengenjot motivasi.<br />
note : kita tahu bahwa lulus UAN bukan segalanya, masih banyak hal yang bisa kita lakukan walau pun nggak lulus uan. Pasti ada jalannya ^^. Trik diatas cuma untuk membantu kita supaya termotivasi mempersiapkan dengan sungguh-sungguh… bukan untuk bikin kita patah semangat lo !<br />
kalaupun kita nggak lulus…. memang berat tapi pasti ada solusinya ^^ pasti !<br />
semangat !!!!!!!!TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-41231409100607412732011-10-12T23:07:00.000-07:002011-11-30T21:06:11.202-08:00Pembahasan UN SMA 2011Berikut saya siapkan pembahasan UN SMA tahun 2011 dan soal-soal latihan untuk persiapan Ujian Nasional bagi siswa yang akan menempuh Ujian pada tahun 2012 maupun sebagai bahan pengayaan latihan soal-soal Matematika. Semoga yang sedikit ini membawa manfaat. Amin.<br />
1. Pembahasan UN 2011 IPA <a href="http://www.ziddu.com/download/16798238/UAN2011SMAIPA12.pdf.html">KLIK DISINI</a><br />
2. Pembahasan UN 2011 IPS <a href="http://www.ziddu.com/download/16798321/UAN2011SMAIPS.pdf.html">KLIK DISINI</a><br />
3. Latihan UN 1 IPA <a href="http://www.ziddu.com/download/16830884/LatihanUN1-IPA.pdf.html">KLIK DISINI</a><br />
4. Latihan UN 2 IPA <a href="http://www.ziddu.com/download/16830979/LatihanUN2-IPA.pdf.html">KLIK DISINI</a>TIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4368217711591730252.post-28532887892039729352011-10-05T01:10:00.001-07:002011-10-05T01:10:52.840-07:007 mitos anak manja<div class="MsoNormal" style="margin: 0;"><span style="color: #333333; font-family: Arial; font-size: 10pt;">Sebelum terlanjur mencap anak Anda anak yang manja, sebaiknya simak dulu mitos-mitos tentang anak manja dan penjelasan dari mitos-mitos tersebut.</span></div>Mitos 1: Terlalu sering digendong akan membuat anak jadi manja. Kadang-kadang anak harus dibiarkan menangis.<br />
Kenyataannya:<br />
Bayi butuh digendong, bila perlu sesering Anda bisa. Bayi menangis karena mereka lapar, sakit, buang air kecil, atau karena ingin diperhatikan.<br />
Mitos 2: Anak-anak tidak boleh memiliki perasaan bahwa mereka selalu bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan.<span id="more-47"></span><br />
Kenyataannya:<br />
Diperlukan contoh yang efektif dari orang tua dalam mengajarkan anak-anak bahwa mereka tidak selalu bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan. Misalnya jika anak ingin sesuatu, tanyakan padanya apa yang bisa dia lakukan untuk mendapatkan keinginan tersebut. Mereka akan belajar dan memahami, keinginan bisa terwujud jika berusaha.<br />
Mitos 3: Memang ada anak yang manja dari “sono”nya.<br />
Kenyataannya:<br />
Tidak ada anak yang terlahir manja. Manja merupakan kesimpulan dan penilaian yang dibuat oleh orang terhadap pengamatan suatu perilaku.<br />
Anak yang merengek dan baru diam sesudah orangtuanya mengabulkan permintaannya, bukan berarti mereka manja. Mereka hanya berusaha mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan berperilaku “mengancam” agar permintaannya dikabulkan. Perilaku mereka inilah yang harus diarahkan dan diubah.<br />
Mitos 4: Bagi sebagian anak, manja merupakan gambaran yang baik.<br />
Kenyataannya:<br />
Manja tidak pernah merupakan gambaran yang akurat bagi anak-anak. Jangan memberikan label manja pada anak. Bila Anda memberinya label manja, maka anak cenderung menjadi manja betulan.<br />
Mitos 5: Sangat penting untuk menegur anak bila mereka bersikap manja.<br />
Kenyataannya:<br />
Bila Anda menyebut si kecil manja, yang mereka dengar bukanlah manja melainkan sebagai manja yang merusak. Tanyakan pada diri Anda, perilaku yang mana yang membuat Anda menilai anak Anda manja? Bila anak Anda merengek meminta sesuatu, ajarkan anak Anda cara meminta dengan menggunakan bahasa yang baik.<br />
Mitos 6: Anak-anak yang memiliki mainan yang berlimpah cenderung dimanja.<br />
Kenyataannya:<br />
Mitos tersebut tidak benar. Kita harus melihat bagaimana benda tersebut diperoleh, kegunaannya, dan bagaimana sikap anak tersebut terhadap benda-benda yang dimilikinya.<br />
Mitos 7: Anak yang manja perlu diubah perilakunya.<br />
Kenyataannya:<br />
Yang perlu diubah adalah perilaku orang tuanya dalam menghadapi anak yang mengancam karena keinginannya tidak dikabulkan.<br />
Sumber : KompasTIK teacherhttp://www.blogger.com/profile/01902186218034804785noreply@blogger.com1